Tips & Saran

Desain Rumah Japandi yang Harus Kamu Tahu

Courtesy of Basq by Larq.

 

Rumah Japandi merupakan konsep desain yang memadukan desain interior Jepang dengan desain Scandinavian. Perpaduan keduanya tentu merupakan sesuatu yang unik karena memang berasal dari dua wilayah berbeda.

Gaya rumah ala Jepang dan desain Skandinavia memiliki banyak kesamaan. yang membuat dua desain rumah ini harmonis dipadukan bersama. Salah satunya adalah kesan yang natural, dengan banyak penggunaan kayu. Kedua konsep desain juga mengutamakan minimalisme dan gaya hidup yang simpel. 

Nah sebelum mengaplikasikan konsep tersebut ke model rumah Anda, alangkah lebih baiknya memahami beberapa unsur yang mendukung desain rumah model Japandi.

 

1. Menerapkan warna putih atau netral untuk cat dinding

Konsep rumah gaya Japandi menggunakan dinding yang didominasi dengan warna putih atau netral. Warna putih yang cerah sesuai untuk rumah kecil dan sederhana. Latar belakang yang polos membuat desain minimalis semakin menonjol dan memberi Anda kesempatan untuk menghiasi ‘kanvas’ kosong ini dengan dekorasi rumah unik ala Jepang.

Ingin cari dekorasi rumah Japandi? Cek dulu Tsuru Table Lamp yang anggun dan berunsur Jepang ini. 

 

2. Membawa nuansa alam di dalam rumah

Menyatu dengan alam merupakan salah satu konsep dari wabi sabi, yaitu konsep rumah ala Jepang yang menghargai keindahan dan ketidak-sempurnaan. Unsur alami bisa Anda integrasikan ke rumah melalui penggunaan material kayu dan bambu/rotan.

Selain itu, penggunaan taman dalam / courtyard juga dapat menampilkan kesan alami, atau jika tempat terbatas, Anda bisa juga memakai pot tanaman. 

Courtesy of Ras-A Studio

 

Cari pot tanaman dan tanaman hias yang cocok untuk rumah gaya Japandi seperti Fiddle Tree dibawah ini? Cek saja katalog pot tanaman kami disini dan katalog tanaman Curator disini.

 

3. Menggunakan furnitur yang simpel

Konsep Japandi menggunakan furnitur ruangan yang sederhana dan fungsional. Sehingga lebih terkesan simpel dan tidak banyak makan tempat. Hal lainnya yang menjadi ciri khas dari konsep Japandi ialah penggunaan furniture bertema Jepang seperti Dingle Dining Chair dan Sulu Hanging Lamp dibawah ini.

Dingle Dining Chair

 

Sulu Bamboo Hanging Lamp

 

4. Barang terorganisasi

Salah satu ciri khas rumah Jepang adalah tempat penyimpanan barang yang rapi dan berfungsi secara optimal. Aksesoris rumah dan dekorasi rumah dapat Anda simpan di lemari, rak, atau bahkan di balik dinding ‘tersembunyi’ untuk menampilkan kesan rumah Japandi yang rapi dan minimalis.

Courtesy of My Feeta

 

5. Pengaplikasian pintu geser

Model pintu geser akan menambah desain menjadi ala-ala rumah tradisional di Jepang. Pintu geser juga tidak banyak memakan tempat, sehingga cocok untuk rumah kecil dan sederhana. 

 

Nah, itulah beberapa desain rumah Japandi yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik menggunakan desain Japadi?